Cara Mudah Memberi Nama pada Sertifikat Secara Otomatis Menggunakan Autocrat

 

        Apa Itu Autocrat?

          

             Autocrat merupakan salah satu komponen yang ada di googlesheet yang dapat digunakan untuk membuat sertifikat secara otomatis, sehingga dapat meringankan pekerjaan. Autocrat terletak pada tollbar ribbon ekstensi atau add-ons dalam googlesheet. 


          

        Tutorialnya...


         Adapun tutorial pembuatan sertifikat menggunakan autocrat dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Buatlah template desain sertifikat (bisa di canva, pixellab, corel, atau lainnya) sesuai kebutuhan dan unduh dengan format png/jpg. Dengan ketentuan mengkosongi nama atau kebutuhan lainnya. Untuk ukurannya bisa menggunakan 29,7 x 21 cm sebagaimana sertifikat pada umumnya.
  • Buatlah data di googlesheet sebagaimana kebutuhan. Misal nomor, nama, asal sekolah, email dan lainnya.
  • Jika sudah, buka google slide dan kosongkan text box yang ada didalamnya.
  • Ubah ukuran slide sesuai dengan ukuran template sertifikat yang telah dibuat. Klik “file => penataan halaman/page setup => khusus => ubah menjadi (29,7x21cm) => terapkan”.
  • Ubah baground slide dengan “klik kanan pada cursor => change baground => upload template sertifikat (yang sudah didownload tadi dalam format png/jpg) => terapkan”.
  • Tambahkan text box pada kolom nama yang kosong, dengan format tulisan <<NAMA>>.
  • Kembali ke data di googlesheet, pilih menu “add-ons atau eksistensi => autocrat (Jika belum meng-instal autocrat bisa diinstal terlebih dahulu secara langsung dengan klik “dapatkan add-on => search ‘autocrat’ => Instal”) => launch”.
  • Kemudian pilih “new job => isi poin 1-9 sesuai kebutuhan”. Di mana jika dijabarkan:

1)       Poin satu: tulis nama dokumen (bebas saja).

2)    Poin dua, pilih template dari menu “from drive => pilih template google slide yang tadi sudah disiapkan => next”.

3)      Poin ketiga, map source data to template, antara lain:

     a)        marge tab (ada pada sheet keberapa datamu).

     b)        maps to columm (judul kolom yang kamu gunakan).

4)     Poin keempat, isi format file sertifikat kamu nantinya ketika diunduh ataupun dikirimkan langsung pada email peserta “isi nama file dengan <<Nama>> (double buka dan tutup kurung dengan diisi ketentuan sebagaimana judul kolom yang diinginkan) => Type (pdf/google slides) => klik multiple output mode”.

5)    Poin kelima, pilih folder yang akan kamu gunakan untuk menyimpan sertifikatmu nantinya.

6)       Poin keenam (optional).

7)       Poin ketujuh (optional).

8)    Poin kedelapan, pilih sesuai kebutuhan. Akankah sertifikat tersebut langsung dishare ke email para peserta atau tidak perlu.

9)       Poin kesembilan, klik yes/no untuk kedua pilihan tersebut.

10)  Save => klik tombol play (maka, sistem akan bekerja dengan sendirinya)

  • Sertifikat sudah siap untuk dinikmati.
            
            Terimakasih, Semoga Bermanfa'at:))

Komentar